Senin, 30 April 2012

Karnaval Kota Semarang



PDF Print
Sunday, 29 April 2012
Image

Iring-iringan peserta Semarang Night Carnival (SNC) 2012 melakukan start dari Jalan Pemuda, tadi malam. Karnaval dengan tema ”Ungkapkan dengan Bunga” tersebut mampu menyedot perhatian puluhan ribu warga Kota Semarang yang memadati sejumlah jalan protokol yang dilalui.

SEMARANG– Perhelatan akbar Semarang Night Carnival (SNC) 2012 tadi malam memukau penonton. Ribuan masyarakat tumplek blek memenuhi trotoar jalan protokol menyaksikan gemerlap pancaran kostum aneka bunga yang dipakai oleh peserta. Antusiasme masyarakat sudah terlihat sejak siang hari.Meski karnaval dimulai pukul 19.00, mereka sudah memadati trotoar di sepanjang Jalan Pemuda Kota Semarang.

Menjelang malam, masyarakat terus berdatangan untuk menyaksikan pagelaran dalam rangka HUT ke-465 Kota Semarang tersebut, di sepanjang Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, hingga kawasan Simpanglima. Semuanya satu tujuan, menyaksikan karnaval yang bertema ”Ungkapkan dengan Bunga” ini.Mereka pun rela berdesakan satu sama lain untuk menyaksikan kemeriahan yang tersaji. ”Saya datang bersama istri dan dua anak. Ya, karena kami penasaran ingin menyaksikan acara ini.

Ternyata memang kostum yang dibawakan sangat unik dan menarik,”ujar Santoso, 29, warga Mlatiharjo RT 04/RW 03 Kecamatan SemarangTimur, Kota Semarang. Santoso juga harus memanggul anaknya larut dalam semarak pawai bunga tersebut. ”Saya berharap Semarang bisa terus memberikan suguhan yang menghibur bagi masyarakat di tahun mendatang,”imbuhnya.

Masyarakat dari luar Kota Semarang pun tak mau ketinggalan. Setiyono, 40, penonton dari Kudus mengaku sengaja mengunjungi kota ini karena ingin menonton karnaval.”Jam 16.00 sudah sampai Semarang, terus sudah menunggu di depan Masjid Baiturrahman sejak pukul 17.00,”ujarnya. Dia datang mengajak istri dan kedua anaknya.Menurutnya, eventini diharapkan diikuti daerah-daerah lain.”Karena kegiatan seperti ini unik untuk menarik minat masyarakat,” katanya.

Sesuai tema yang diusung, semua peserta karnaval menggunakan kostum aneka warna yang dirancang secara pribadi. Secara rapi mereka melakukan pawai dengan kelompok masing- masing berdasarkan urutannya, mulai dari penabuh rebana kayyin mubakin,komunitas denok kenang, disusul dengan peserta dengan kostum, bunga aster, anyelir, teratai, anggrek, garbera, lili, melati, partulaca, bunga sepatu, dan bunga-bunga lainnya.

Di barisan belakang, disusul oleh berbagai komunitas seperti drum band Akademi Kepolisian (Akpol), silat, capoeira, dan berbagai boneka kartun yang akrab dalam berbagai tayangan di MNCTV. Plh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Trijoto Sardjoko menjelaskan, pagelaran akbar tahun ini bekerjasama dengan MNCTV dan SINDO Media.Semua peserta yang terlibat dalam karnaval ini sebanyak 1.600 orang, mulai dari siswa SMP, SMA, perguruan tinggi, dan masyarakat umum.

”Kami memilih tema bunga, karena sebagai simbol keindahan,”katanya dalam laporan kegiatan. Simbol keindahan itu, lanjut dia,diharapkan tidak hanya pada wajah Kota Semarang melalui infrastruktur yang ada,namun juga keindahan dalam seni dan budaya Kota Semarang. ”Dengan adanya karnaval ini, menunjukkan citra Kota Semarang tidak hanya popular dengan ekonomi dan bisnis,tapi juga dalam seni dan budaya,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, dengan ditampilkannya karnaval ini, juga dapat meningkatkan kreativitas kesenian oleh para peserta, karena para peserta harus merancang sendiri busana bunganya. Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan karnaval yang diselenggarakan di tahun kedua ini diharapkan mampu mendukung program Visit Jateng 2013.Pagelaran ini dinilai hasil pembenahan dari periode sebelumnya.

”Kalau tahun lalu, hanya disiarkan hanya media lokal, saat ini juga disiarkan secara langsung oleh media nasional yaitu MNC TV yang bisa ditonton oleh masyarakat nasional,” tuturnya. Kemeriahan karnaval ini,lanjut Hendrar,diharapkan bisa menjadi pelecut semangat masyarakat Kota Semarang untuk memajukan seni, budaya, dan pariwisata. Sementara itu,Managing Director SINDO Media, Priscilla Diana Airin menambahkan,dengan adanya kerjasama Pemkot Semarang dan SINDO media dalam SNC 2012, diharapkan Semarang lebih dikenal oleh masyarakat nasional.

”Kami juga mendukung SNC ini dengan MNC Festival yang kami gelar di lapangan Simpanglima, yang berupa hiburan rakyat dengan menghadirkan artis-artis ibu kota,”katanya. Salah seorang peserta, Karin Destiyana, siswi MAN 1 Semarang mengaku sangat senang karena kostum bunga teratai yang dipakai adalah hasil desain sendiri.”Ada rasa bangga bisa terlibat langsung dalam karnaval ini,” bebernya.

Gerimis yang datang di akhir karnaval tidak dihiraukan oleh peserta maupun penonton. Hujan deras di garis akhir memungkasi gelaran SNC 2012. Usai karnaval, masyarakat masih disuguhi hiburan sejumlah artis ibu kota maupun lokal. Acara yang digelar MNCTV di Lapangan Simpanglima tersebut menampilkan sejumlah artis seperti Mulaan Jameela,Zigaz, The Virgin, Inul Daratista, Uut Permatasari. Ada pula Vicky Shu,Kangen Band,Super Emak,Budi Doremi,Tata Zaneta, Sailormoon, Nurhana, Jamal cs,Cong Rock 17. amin fauzi/wikha setiawan/hendrati hapsari               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar